Tuesday, April 15, 2014

BUAH PIR / PEAR

Pir atau Pear adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pear adalah nama dalam bahasa Inggris. Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun. 

 Buah Pear  sendiri memiliki beberapa jenis , yaitu Golden Pear (Berbentuk bulat besar seperti apel, berkulit kuning cerah berbintik), Singo Pear (Berbentuk bulat besar seperti apel, berkulit kuning kecoklatan, daging berwarna putih) dan Conference Pear (Pear import dari Belgia, berbentuk panjang dan ramping dengan kulit hijau berbercak kecoklatan).

Bentuknya bundar dan jauh lebih besar dibandingkan buah pir di Eropa. Kandungannya airnya juga lebih banyak dan terasa manis saat dimakan. Buah ini adalah golden pear yang masuk kategori pir Asia.

Buah yang masuk dalam keluarga apel ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Dari meredakan batuk, menyingkirkan dahak, hingga melancarkan pencernaan.

Pada dasarnya, konsumsi golden pear dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menyantap buahnya langsung atau dicampurkan dengan almond dan madu sebagai obat paduk.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyantap golden pear. Berikut tips mudah menyiapkan golden pear.

1. Pilih golden pear yang bebas cacat. Perubahan warna golden pear tidak akan memengaruhi rasa, tapi beda hal dengan memar atau bintik-bintik gelap di bagian kulit.

2. Simpanlah golden pear di dalam kulkas tidak lebih dari tiga hari. Lebih dari itu, rasa golden pear akan berubah.

3. Jika ingin mempercepat proses pematangan, coba masukkan golden pear ke dalam kantong plastik dan letakkan di atas meja. Guna mengeceknya, silakan bagian di dekat batang. Bila ada sedikit bekas tekanan, golden pear sudah siap disantap.

4. Golden pear hendaknya dicuci dengan air dingin. Setelah dicuci, golden pear bisa dimakan langsung atau dipadukan sebagai bahan masakan.

5. Kulit golden pear lebih baik dikupas hanya saat dijadikan bahan makanan. Sebab, kulitnya mengandung banyak serat sehingga berguna saat dimakan segar-segar.




  Di tempat kami saat ini harga buah pear berkisar Rp. 25.000,-

No comments:

Post a Comment