Tuesday, April 15, 2014

BUAH MELON



Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Ada banyak jenis buah melon, tetapi yang paling manis ada 3 jenis melon, yaitu Rock Melon (Daging buah berwarna orange, berbentuk bulat hampir seragam dgn kulit bertekstur), Honey Melon (Daging berwarna hijau muda tebal, kulit berwarna putih mengkilat dgn permukaan halus)  dan Golden Melon (Daging berwarna putih, dengan kulit berwarna kuning cerah).

Bagi Anda yang sering makan sop buah/es buah pasti hafal betul dengan buah-buahan yang satu ini. Yup, buah melon selalu menjadi pilihan teratas untuk hidangan penutup karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air.

Tapi jangan salah lho, bukan hanya menawarkan rasa yang lezat, buah melon juga ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan. Buah melon kaya akan antioksidan terbaik untuk melawn radikal bebas saat ini. Yuk, simak beberapa manfaat kesehatan dari buah melon berikut ini :

Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan dalam tubuh. Berfungsi untuk menyembuhkan luka, perbaikan tulang, dan gigi. Satu orang dewasa membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C sehari. Nah, secangkir buah melon menyediakan sekitar 30 mg vitamin C.

Vitamin A
Vitamin yang satu ini sangat penting bagi kesehatan gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Vitamin A membantu visibilitas Anda dengan mempromosikan kesehatan retina. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan fungsi sistem kekebalan tubuh juga menurun. Buah melon mampu menyediakan vitamin ini 25 persen lebih banyak dibandingkan kebutuhan asupan harian.

Potasium
Potasium adalah salah satu mineral penting yang sangat bermanfaat memelihara kesehatan jantung. Mengkonsumsi mineral ini dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan tekanan darah. Setiap orang dewasa dianjurkan untuk mendapatkan 4700 mg potasium dalam sehari. Sementara itu, satu cangkir buah melon bisa menyediakan sekitar 473 mg potasium.

Lycopene
Buah melon juga mengandung lycopene yang penting untuk mencegah kerusakan sel. Menurut beberapa studi, lycopene dikaitkan dengan penurunan resiko kanker tertentu dan mengurangi resiko serangan jantung. Satu porsi buah melon mampu menyediakan sekitar 9 sampai 13 mg lycopene.

Selain beberapa manfaat di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan lemak. Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti melon bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes dan stroke.

Saat ini di tempat kami harganya Rp. 14.000/kg

 



 

No comments:

Post a Comment