Monday, April 14, 2014

ANEKA BUAH APEL

Siapa yang tidak tahu buah apel. Rasa dan bentuknya yang khas menjadikannya salah satu buah favorit di dunia. Jenis apel pun sangat beragam, yaitu Fuji Apple (berwarna pink merata di seluruh bagian buah), Golden Apple (berwarna kuning kehijauan berukuran sedang diameter ±67mm), Juliet Organic Apple (varietas apel premium yg dibudidayakan secara organic, berkulit merah & kekuningan), dan Pink Lady Apple (berwarna pink kemerahan merona dengan perlakuan khusus sejak penanaman sampai pemetikannya). Selain jenis-jenis tersebut, Indonesia juga memiliki apel khas, yaitu Apel Malang.

Meskipun memiliki manfaat yang sama baik, setiap jenis apel memiliki karakteristik tersendiri, contohnya seperti Apel Fuji dan Apel Malang. Kedua buah ini mudah kita bedakan secara tampilan dari warna kulitnya. Apel Fuji berwarna merah muda hampir di seluruh permukaan kulitnya, sedangkann Apel Malang berwarna dominan hijau dengan semburat warna merah di beberapa bagian.

Apel Fuji pertama kali dikembangkan di Jepang pada era 1930-an, merupakan hasil seleksi dari silangan antara Red Delicious dan Ralls Janet.  Sejak diperkenalkan, Apel Fuji langsung populer di Jepang, Korea, Cina, dan Amerika Serikat. Hal ini karena Apel Fuji memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Namun, bukan hanya Apel Fuji yang digandrungi pecinta apel dunia. Apel Malang ternyata juga menjadi salah satu apel favorit. Apel ini awalnya didatangkan oleh Belanda di masa penjajahan. Pada 1962, karena teknik budidaya dengan menggunakan teknologi yang semakin maju membuat Apel Malang berkembang pesat dan mulai dikenal pecinta apel dunia. Lantaran memiliki kulit yang sedikit lebih tebal, maka sebaiknya potong Apel Malang menjadi beberapa bagian sebelum dikonsumsi. Maka tak heran jika jenis apel ini cocok untuk dijadikan bahan masakan semisal apple pie atau sup apel.

Untuk manfaat, baik Apel Malang dan Apel Fuji sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah vitamin C yang tinggi, fruktosa yang baik untuk penderita diabetes, serta flavanoid sebagai antioksidan bagi tubuh.

 


 




Di tempat kami untuk saat ini harga apel adalahApel Fuji B Rp.35.000/kg

Apel Fuji K Rp. 32.000/kg

Apel Merah Rp.40.000/kg


 

No comments:

Post a Comment